Thursday, May 03, 2007

Rencanakan dana pendidikan anak-anak dengan efektif

Tujuan jangka panjang menabung yaitu menghasilkan uang untuk pensiun dan dana pendidikan anak.
Kebanyakan keluarga tidak memiliki tabungan khusus untuk pendidikan anak-anaknya, mereka hanya mengandalkan dana cadangan umum yang diharapkan tidak akan digunakan sebelum dibutuhkan.



Asuransi jiwa yang dipadukan dengan rekening tabungan muncul sebagai sarana untuk menabung.
Salah satu produk yang telah dikenal oleh masyarakat luas adalah rekening 2 in 1 (PRUlink Assurance Account).

Sebenarnya ada penghematan dalam asuransi jiwa, sebagai tabungan jangka panjang, produk ini tidak dikenakan pajak atas bunganya. Bandingkan jika anda menabung dengan cara konvensional di bank seperti deposito atau tabungan biasa. Anda dikenakan pajak bunga sebesar 20%, tidak peduli berapa besar dan sudah berapa lama anda menjadi nasabah suatu bank.


Orang membeli asuransi jiwa untuk memenuhi kewajiban terhadap keluarga dan untuk diri mereka sendiri.
Asuransi jiwa tidak akan dibutuhkan selama yang bersangkutan tidak perlu makan, dalam kondisi sehat dan terhindar dari resiko apa pun. Namun perlu diingat, pada saat kita membutuhkannya, mungkin sudah terlambat.
Orang tua yang bijak dan tidak mementingkan diri sendiri, akan berusaha untuk melindungi keluarga mereka dan dengan sendirinya melindung masa tua mereka sendiri.
Sering kali terjadi salah kaprah, asuransi jiwa tidak akan dapat menggantikan jiwa orang yang dilindungi, melainkan untuk melindungi potensi ekonomis (aset, penghasilan) yang bersangkutan.


Tips untuk membeli produk asuransi jiwa unit link :
- Mintalah saran, pandangan terlebih dahulu kepada beberapa orang rekan, kerabat anda yang bukan dari kalangan asuransi, yang sudah membeli produk asuransi jiwa unit link.
- Belilah selalu produk asuransi dari perusahaan yang kredibel, transparan, mudah dalam hal klaim, mempunyai track record yang baik dalam hal aset, laba, piutang, rasio kecukupan modal, sudah berpengalaman untuk jangka waktu yang lama.
- Selalu membeli dari agent asuransi yang memang hanya bekerja di asuransi (full time), jadi bukan kerja part time(sampingan), ini penting untuk menghindari agent musiman yang hanya bertahan beberapa bulan, setelah itu menghilang, ini akan membuat klaim anda menjadi susah.
- Bandingkan produk yang anda beli dengan produk dari perusahaan lain, pelajari keuntungan dan kelebihannya.
- Pilih
produk asuransi jiwa unit link yang dananya dikelola langsung oleh manager investasi (fund managernya) sendiri, bukan oleh pihak ketiga, ini untuk mengurangi resiko yang dapat mempengaruhi keamanan dana anda.
- Jangan meminta atau membeli dari agent yang menawarkan diskon, karena ini akan berdampak pada pelayanan buruk yang anda terima dikemudian hari.
- Jangan tergoda oleh perusahaan/agent asuransi yang menjanjikan hasil investasi yang pasti (fix income) untuk jangka waktu tertentu, kenyataannya, tidak ada yang dapat mengetahui dengan pasti apa yang akan terjadi dikemudian hari.
Lebih baik investasi di produk yang beresiko daripada institusi yang beresiko.
- Ingatlah selalu bahwa, produk asuransi jiwa unit link adalah bentuk komitmen jangka panjang anda terhadap keluarga, jika tujuan anda jangka pendek, lebih baik anda menempatkan uang pada instrumen investasi seperti deposito.
- Belilah selalu produk yang disesuaikan dengan kebutuhan anda dan keluarga, bukan sesuai keinginan agent.
- Belilah produk dari agent yang profesional, bukan karena anda merasa tidak enak atau gengsi.
- Belilah produk yang fleksibel, bisa diubah kapan saja sesuai kebutuhan, tidak ada biaya tertentu yang disembunyikan.
- Jika anda masih bingung, sebaiknya mencari perencana keuangan/financial planner untuk membantu anda merumuskan tujuan dimasa depan.

Apabila anda ingin konsultasi atau mengetahui produk prudential lebih lanjut, silahkan hubungi Sulaiman di 0888.188.9000. Atau jika anda merasa lebih nyaman untuk dihubungi untuk membuat janji temu, silahkan sms ke saya nomor anda.


Sekilas tentang Prudential

Prudential plc adalah sebuah grup jasa keuangan internasional terkemuka yang menyediakan jasa keuangan ritel dan pengelolaan dana di pasar-pasar pilihan: Inggris, Amerika, Asia dan Eropa kontinental.

Prudential telah menyediakan jasa asuransi jiwa di Inggris selama lebih dari 155 tahun dan memiliki produk dana jangka panjang terbesar di Inggris selama lebih dari satu abad. Saat ini, Prudential memiliki lebih dari 21 juta nasabah di seluruh dunia dan mengelola dana lebih dari US$430 miliar (sampai dengan 30 Juni 2006 – angka yang terakhir dipublikasikan).

Kekuatan kondisi keuangan Prudential Indonesia yang merupakan bagian dari Prudential plc, sebuah grup jasa keuangan terkemuka yang berbasis London, Inggris juga tercermin melalui tingkat Risk Based Capital (RBC) yang berhasil dicapai pada semester I tahun 2006 ini, yaitu sebesar 690%. Angka tersebut sangat jauh melampaui ketentuan dari Departemen Keuangan RI yaitu sebesar 120%.

Selain angka hasil bisnis yang baik, Prudential Indonesia juga kembali memantapkan posisinya sebagai pemimpin pasar dalam hal penjualan produk unit link dalam industri asuransi jiwa di Indonesia.
Berdasarkan data bulan Juni 2006 yang dikeluarkan oleh Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Prudential Indonesia saat ini menguasai 35.3% dari pasar penjualan produk unit link di Indonesia.

Source :
Prudential Indonesia's First Semester Business Results: Continual Strong Growth [05 Oct 2006]


Selamat merencanakan keuangan anda!






No comments: