Wednesday, May 20, 2009

Tanyakan kepada diri anda....

Anda mungkin sudah sering mendengar banyak iklan asuransi yang beredar, hanya dengan beberapa ratus ribu per bulan anda sudah bisa memberikan jaminan bagi keluarga hingga Rp. xxx juta.
Kedengarannya sangat menarik bukan?
Iklan seperti ini biasanya mengacu pada asuransi jenis term life.
Sesuai dengan namanya, asuransi jenis term life memberikan perlindungan untuk jangka waktu yang terbatas/tertentu seperti 10, 20 bahkan 30 tahun.

Sangat sederhana, jika anda mendadak harus meninggalkan keluarga untuk selamanya, polis asuransi masih bisa memberikan benefit bagi keluarga yang ditinggalkan, tetapi banyaknya jenis asuransi dan pilihan fasilitas perlindungan yang tersedia saat ini bisa membingungkan orang yang masih awam. Apakah asuransi term life akan membayar klaim kepada anda?
Tanyakan kepada diri anda beberapa pertanyaan di bawah ini :

1. Apa yang hendak saya capai
Sebelum anda membeli asuransi jiwa jenis apa pun, pikirkan dahulu, mengapa anda membelinya.
Apakah anda ingin melindungi keluarga anda jika mendadak anda, maaf, 'mati muda'?
Apakah anda sudah menyediakan tabungan yang cukup untuk kebutuhan mendadak?
Apakah anda masih mempunyai hutang kepada pihak lain yang wajib dilunasi dalam waktu dekat?
Apakah anda hanya ingin menyediakan uang untuk disumbangkan ke yayasan sosial nantinya?

Pahami bahwa membeli asuransi berarti anda berkomitmen untuk tujuan jangka panjang, anda harus (kalau saya boleh memakai istilah) membayar premi untuk waktu yang lama, jika anda masih punya komitmen keuangan yang harus diselesaikan, prioritaskan terlebih dahulu, sebagai alternatifnya, cari jenis asuransi lain yang lebih fleksibel.

2. Apa saja pilihan yang ada
Kebanyakan orang yang sudah bekerja mempunyai setidaknya 1 jenis asuransi dari dua pilihan ini, entah asuransi perorangan atau pun kelompok.

Kelompok
Kebanyakan perusahaan menyediakan asuransi jenis term life kepada karyawannya sebagai salah satu benefit bekerja di perusahaan tersebut. Biasa disebut 'group term insurance', artinya anda mendapatkan perlindungan sebagai bagian dari satu grup perusahaan, jadi perusahaan yang bertindak sebagai pemegang polis asuransi, umumnya pembayaran premi dipotong langsung dari penghasilan bulanan, persyaratannya tidak sulit, cukup mengisi kuesioner singkat mengenai riwayat kesehatan pribadi.
Keuntungannya :
- Mudah, anda bisa dengan gampang mendapatkannya saat melamar pekerjaan di suatu perusahaan, di Indonesia umumnya diwajibkan menggunakan jamsostek, askes tetapi ada juga perusahaan yang menggunakan asuransi dari perusahaan asing.
- Tidak perlu melakukan pemeriksaan medis (medical check-up)
Sebuah surat pernyataan sehat secara jasmani dan rohani serta riwayat kesehatan sudah memenuhi syarat.
- Pembayarannya otomatis
Dilakukan setiap bulan dengan memotong sekian persen dari gaji.


Perorangan
Biasanya jenis asuransi yang diambil secara personal sehingga yang menjadi pemegang polisnya adalah diri sendiri. Mungkin anda diharuskan untuk menjalani pemeriksaan medis (medical check-up), memberikan ijin kepada perusahaan asuransi untuk meneliti riwayat kesehatan anda secara lebih detail.
Kedengarannya sedikit lebih rumit tetapi dengan memiliki asuransi perorangan, ada beberapa nilai plus.
Keuntungannya :
- Praktis
Jika anda pindah bekerja di perusahaan lain, anda tidak perlu takut kehilangan perlindungan asuransi
- Premi
Bisa disesuaikan dengan kemampuan sendiri, jangka waktu yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan
- Fleksibel
Apa pun fasilitas yang ingin anda tambahkan mau pun dikurangi, bisa dilakukan dengan mudah


3. Bagaimana jika saya tidak meninggal?
Hal yang kadang terdengar lucu adalah banyak orang berpikir, mereka akan rugi jika tidak meninggal sehingga tidak ada yang didapatkan, bahkan kalau pun meninggal, yang menikmatinya adalah keluarga yang ditinggalkan.
Jika hal ini juga yang menjadi pikiran anda, coba pahami beberapa hal di bawah :
- Membeli asuransi bukan untuk mendapatkan keuntungan, tetapi lebih kepada menggantikan, mengatasi masalah keuangan jika anda mendadak harus meninggalkan keluarga selamanya.
- Premi selalu naik setiap tahunnya. Banyak asuransi yang menawarkan jangka waktu pembayaran 10,20 atau 30 tahun, menjelang akhir masa pembayaran, anda mempunyai pilihan untuk memperpanjang atau pun menebusnya. Nah premi yang anda bayarkan adalah tetap sampai berakhirnya masa pembayaran, coba tanyakan berapa premi yang harus anda bayar misalnya 10 tahun kemudian untuk besar perlindungan yang sama.
- Mungkin anda hanya perrlu mengambil asuransi selama anda masih mempunyai hutang kredit di bank atau pun sampai anak anda menyelesaikan kuliahnya


4. Bagaimana saya meng-upgrade fasilitas yang telah ada
Seiring dengan makin kompetitifnya persaingan di antara perusahaan asuransi, untuk jangka waktu beberapa lama, biasanya ada saja fasilitas tambahan yang ditingkatkan sehingga dalam hal ini, klienlah yang diuntungkan.
- Kapan saya bisa meng-upgrade polis asuransi saya
- Bagaimana cara meng-upgradenya

5. Dimana sebaiknya saya membeli polis asuransi
Anda bisa menghubungi perusahaan asuransi atau pun agent profesional yang bisa memberikan pelayanan lebih personal kepada anda, tanyakan beberapa pertanyaan yang masih membingungkan anda.

Setelah menjawab pertanyaan di atas, anda sudah mempunyai gambaran, apa yang anda butuhkan, bagaimana kemampuan anda, apa yang anda mau, agar keluarga anda bisa hidup tenang di kemudian hari.

No comments: